#

followers

Senin, 17 Januari 2011

pocooong

ANAK, POCONG & PERAWAN

Mei 2, 2008
Membicarakan mistik di malam hari. orang bilang itu adalah moment yang pas. Dan mistik pasti gak jauh dengan apa yang namanya setan. Dan lucunya, setan itu gak jauh yang namanya POCONG. Gile yee!! aku bilang pocong itu lucu. Wakakakakakkk.
tapi kenyataannya memang demikian. Bertahun-tahun selalu mendiskripsikan bahwa pocong yang selalu mereka bicarakan adalah tipikal yang ada di tivi-tivi. Why dan mengapa? mengapa di tivi-tivi, orang mendiskripsikan pocong dengan karakterisitk macam itu. Hingga perlu bagiku mengamati orang yang meninggal dunia dan di-bungkus kain kafan. Kan katanya Pocong itu adalah bentuk kehidupan setelah mati yang tidak berkesinambungan dengan alam ghaib. Kadang nongol kadang enggak. bahkan ada yang bilang “nek wes kadung dadi pocong, yo pisan medheni!!!”.
Hingga diskusi berikut ini lahir saat menonton film pocong 2 dan 3 sekaligus di malam yang senggang. senggang banget. saking senggangnya sampe bisa menonton film pocong.
AKU
lucu ya kalo-kalo ada pocong datang ikut nonton.
MBAK GUE
udah ah! gak lucu!
AKU
ya lucu toh! jarang-jarang lagi pocong ikutan nongkrong!!!
Coba bayangkan!!!
MBAK GUE
gendheng !!!!!
wes ah. buyar…. matikan aja tuh film!!!
AKU
terserah…sih.
Aku matiin film, tapi aku gak janji di rumah lama-lama.
Atau film ini tetp nyala dan aku jamin tetap ada sampe suamimu datang.
MBAK GUE
yo wes!!!! tapi ojo pake nakutin!!!
AKU
walah …. nakutin opo toh?!!
Merasa bosan dengan lakon yang diperani Ringgo rahman,akhirnya pembicaraan-pun berlanjut ke alam nyata. Dan masih tetap pocong.
AKU
kemarin, Zaki habis ditampaki sosok pocong, Rozy juga.
katanya sih ada masalah dengan kayu yang dibawa oleh budhe Pijah.
MBAK GUE
ceritae gimana?
AKU
ya dilihati sosok pocong gitu.
MBAK GUE
opo kayak gitu (sambil nuding gambar pocong yang lompat-lompat di tangga)
AKU
ya gitu. katanya mukanya ancur.
walaupun ada struktur tengkoraknya tapi masih jelas kontur wajahnya.
MBAK GUE
terus. Siapa pocong itu?
AKU
mene ketehe!
Tanyakan sendiri sama dia, TUH ADA DIBELAKANGMU!!!!!!!!!!
MBAK GUE
IBUUUUUUUUUUUUUUKKKKKKKKKKKKKKK!!!!
AKU
walaaaaah….didengar tetangga…!!!!!
ngisin-ngisini!!!!
Dipikir aku macem-macem..
MBAK GUE
(ketakutan)
salahmu kan?
AKU
tak lanjutkan ya ceritanya………….
MBAK GUE
(takut tapi penasaran)
yo wes….
matikan aja film-nya. sekalian kan?!!!
AKU
yo wes.
dan telivisi benar-benar mati.
AKU
kalo rozy, saat dia tidur, kebetulan entah kenapa lampu kamarnya tiba-tiba mati dari sore.
hingga malamnya gak diganti lampu baru.
otomatis pake pencahayaan luar, dengan membuka jendela kamar.
hingga pemandangan luar tampak jelas.
MBAK GUE
jelas ae ditampaki, lha wong di buka blak!
AKU
asalnya sih cuman bayangan hitam gitu.
tapi koq lama kelamaan jadi jelas dan mendadak merinding.
MBAK GUE
terus rozy-nya gimana?
AKU
ya biasa aja lah. lha wong dia sering ditampaki.
malahan lebih dari itu.
MBAK GUE
terus yang Zaky gimana ceritanya?
AKU
kalo yang dia, malahan ada kontak fisik.
jadi ceritanya saat zaky tidur, dia kan tidur sama adiknya, bachtiar.
saat itu dia gak tau mungkin saking lelahnya.
koq tiba-tiba ada yang mencolek punggungnya zaky.
mungkin karena dipikirnya itu ulah bachtiar maka zaky diam aja.
tapi koq lama kelamaan dia jengah juga. akhirnya di umpatlah si bachtiar.
namun bachtiar nggak merespon. lha wong dia tidur lelap. dalam hati zaky, dia mikir.
“kalo bachtiar tidur lelap kayak gitu, terus siapa yang dari tadi colek-colek aku???”,
dalam hati pertanyaan itu akhirnya dijawab dengan tolehan zaky ke arah belakang.
MBAK GUE
ya Allah mam, aku merinding!!!
AKU
katanya zaky sih, ada pocong yang berdiri di sampingnya.
sambil memelototkan matanya. dan wajahnya memang benar-benar rusakancur gitu.
dia sempet takut juga sih. Namun pembelaannya dia atas nama orang islam,
menjadikannya ia mampu mengucap dan berdialog tunggal untuk mengatakan
“apakah aku mengganggumu? sebaiknya jangan ganggu saya.”
MBAK GUE
terusss?
AKU
ya akhirnya pocong itu lompat-lompat terus menjauh dan hilang.
tiba-tiba aja bulu kudukku berdiri. gak tau kenapa. (oh iya, saat nulis ini pun aku juga merinding sendiri..hiiiiiii)
AKU
terus….usut punya usut. ternyata budhe pijah membawa kayu dari kuburan tua yang ada di gunung.
aku juga heran sih.
hari gini koq masih musim ya ngambil ranting kayu dari hujan.
MBAK GUE
budhe pijah didatangi nggak?
AKU
katanya sih nggak.
MBAK GUE
padahal dia kan yang membawa kayu itu.
AKU
gak tau juga sih. tapi ya itu tadi….
MBAK GUE
apa?
AKU
hantu biasanya suka random.
MBAK GUE
(clingak-clinguk)
opo toh mam?
AKU
siapa tau giliran kamu malam ini.
banyak yang bilang pocong suka asal kalo nakut-nakuti.
MBAK GUE
itu namanya pocong stress!!! males ah mam!
eh kamu tau gak ada gossip vampir di daerah suci, pongangan?
AKU
opo maneh iku???
tiba-tiba keponakan aku yang masih tk kecil, Ajay datang sambil membawa makanan kecil. ikutan nimbrung dan duduk dipangkuan mbak gue.
MBAK GUE
yo semacam arwah gentayangan gitu. katanya meminta korban.
dan gak tanggung-tanggung, korbannya kudu perawan.
jadi semua perawan di daerah suci banyak yang ketakutan. gak berani keluar malam.
malahan gossip itu juga menyertakan cerita hilangnya beberapa perawan desa itu.
AKU
setan gendheng!!!
MBAK GUE
bener lho mam, berita ini heboh banget di daerah sana. semua perawan ketakutan
keponakanku yang ikut mendengarkan akhirnya ikut terbawa suasana menegangkan dan sesekali ketakutan. hingga tak sabar bibirnya untuk menyeletukkan sebuah kalimat.
KEPONAKAN GUE
Tante! Aku perawan kah? aku takut te!!!
AKU+MBAK GUE
WAKAKAKAKAKKKK!!!!!!!!
AKU
tentu saja tole! awakmu perawan. ting-ting malahan.
Sumpah mati perut aku masih kaku. dan tak bisa menahan lama-lama. Inilah bukti kepolosan seorang anak kecil yang tidak siap menampung informasi bergenre adult.
AKU
(Continued)
wes ah…buyar tenan. Filmnya di matikan aja. gak dapat feel.
MBAK GUE
wes mam, matikan aja. orangnya sudah datang.
kamu anter aja si perawan kerumahnya.
ntar kalo kemalaman bisa-bisa dibawa vampir.
dan akhirnya kami menertawai horror imitasi yang sengaja dibuat untuk menakut-nakuti. dan sekali lagi mengulang kata “lucunya,” pocong itu tak ada kesan sama sekali setelah mendapat celotehan seorang anak kecil. mungkin dengan penjabaran pocong versi aku yang ala kadarnya bisa membuat keadaan mistikisasi lebih humble. ato lebih menyenangkan lagi jika seorang anak kecil bisa memvisualkan seonggok pocong menjadi fantasi yang tak berlebihan tapi enak dipandang. WHO KNOWS?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

^_^

Entri Populer